Wikipedia

Hasil penelusuran

Selasa, 16 September 2014

Matsuri

Setelah kemarin membahas mengenai backpacker , hari ini saya bakalan ngebahas tentang salah satu matsuri di Jepang . Matsuri sendiri berarti perayaan , Di Jepang ada banyak matsuri yang diselenggarakan rutin setiap tahunnya. Contohnya Hina Matsuri, Obon Matsuri , Gion Matsuri dll.
Ini merupakan budaya yang diwariskan turun temurun dari nenek moyang dan hingga kini masyarakat masih menjaga tradisi tersebut . Pemerintah Jepang bahkan menambahkan Hari Libur untuk merayakan tersebut .
Oleh sebab itu Jepang menjadi negara dengan hari Libur terbanyak .
Kali ini saya membahas mengenai Gion Matsuri .

Gion Matsuri


Bagi kalian yang berwisata ke Kyoto jangan lewatkan perayaan Gion Matsuri ini , ini merupakan festival yang paling terkenal di Kyoto. Biasanya diadakan pada bulan Juli, perayaannnya dilakukan dari tanggal 1 Juli hingga akhir Juli. Puncak perayaan Gion Matsuri yaitu pada tanggal 17 Juli atau biasa disebut dengan Prosesi Yamaboko.

Yama




Yama adalah sejenis kendaraan besar dengan roda besar dari kayu ditarik oleh banyak orang.Hiasan kendaraan (kenshōhin) pada Yama berupa benda-benda keagamaan dan benda-benda seni seperti karpet yang didatangkan dari Tiongkok atau Jalan Sutra .sedangkan Hoko adalah jenis Yama dengan menara menjulang tinggi yang di ujung paling atasnya terdapat hoko.
 
Chigo adalah sebutan untuk anak-anak yang dijadikan bintang dalam Matsuri. Gion Matsuri terkenal dengan Chigo berupa anak laki-laki berusia sekitar 10 tahun yang didandani dengan riasan tebal. Naginatahoko merupakan satu-satunya Hoko yang berisi Chigo sedangkan pada Hoko yang lain digantikan dengan boneka anak laki-laki. Naginatahoko juga merupakan Hoko terpenting yang tidak boleh dinaiki oleh wanita..




Mungkin ini bisa menjadi referensi tujuan wisata kalian , selain dari wisata alam dan kuliner , wisata matsuri pun wajib dicoba ... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar